Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Langkah Resep Soto Daging Spesial Cita Rasa Khas Rumahan Anti Ribet Beserta Penjelasan Sejarahnya di Sini!



Ilustrasi Foto beserta resep Soto Daging yang menggoda selera-freepik-freepik

JURNALIS INDONESIA -  Resep Soto Daging ternyata tidak membutuhkan waktu lama dan bahan yang sulit untuk dihidangkan. Seperti yang sering dijumpai, Soto merupakan Makanan berkuah yang hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto dengan kearifan lokal. Sayangnya, tak banyak yang tahu asal mula bagaimana Soto menjadi konsumsi khas Nusantara yang kini telah diresmikan oleh KEMENPAR Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai Makanan nasional didampingi oleh empat kuliner lain seperti Nasi Goreng, Rendang, Sate, dan Gado-Gado.

(BACA JUGA:Latar Belakang Sejarah Konferensi Meja Bundar (KMB), Ini 2 Poin yang Diingkari Pihak Belanda)

Merujuk pada catatan yang diterbitkan oleh Indonesianis asal Perancis Denys Lombard melalui karyanya berjudul Nusa Jawa: Silang Budaya (1996), Bahwa kuliner Soto berasal dari masyarakat Tiongkok yang datang ke Nusantara dan mulai ditemukan di pesisir utara pulau Jawa. Soto sendiri berakar kata dari dialek Hokkian caudo atau jau to yang juga berarti Potongan daging dan memasak jeroan. Bahkan pada abad ke-19 Masehi, ditemukan mengonsumsi makanan berbahan baku kuah kaldu, pala, kunyit ini tidak menggunakan sendok, melainkan tangan.

(BACA JUGA:Desak Kemerdekaan RI, Inilah Kronologi dan 4 Tokoh Penculik Soekarno-Hatta dalam Peristiwa Rengasdengklok)

Seiring berkembangnya jaman dan membaurnya etnis Tionghoa dengan masyarakat Nusantara turut menghadirkan makanan Soto yang diserap dan disesuaikan dengan selera tiap daerah masing-masing. Tak pelak, Soto tampil dengan khazanah unik di tiap daerah di pulau Jawa sendiri hingga merentang ke luar pulau Jawa.

Adapun Varian Soto mulai dari Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Sokaraja, Soto Pekalongan, Soto Mi Bogor, Soto Bandung, Soto Ayam Sunda, Soto Madura, Soto Barenang Polaweli-Mandar, Coto Makasar, Soto Padang, Soto Aceh, Soto Manado. Menurut pakar kuliner tradisional Universitas Gadjah Mada (UGM), Murdijati Gardjito, pada makalah berjudul Profil soto Indonesia: Fakta pendukung soto sebagai representasi kuliner Indonesia, setidaknya ditemukan sebanyak 75 jenis soto yang ada di Nusantara.

(BACA JUGA:Agresi Militer Belanda I Incar 3 Provinsi Ini Jadi Target Utama, Berikut Kronologis dan Penyelesaiannya)

Beda daerah maka berbeda pula bahan baku hingga lauk yang tersaji dalam semangkuk Soto, ada yang diberi daging kerbau khas soto Kudus, ada pula lauk sapi, ayam, bebek, jeroan dan masih banyak lagi. Namun perlu diketahui ternyata tidaklah susah menghidangkan resep soto daging spesial satu ini yang telah dirangkum oleh tim Jurnalis Indonesia yang dapat kalian simak di bawah ini.

Bahan-bahan dan langkah-langkah yang diperlukan ini dapat disantap oleh 4 porsi orang dewasa dan membutuhkan waktu persiapan lebih kurang 30 menit dan waktu memasak 60 menit.

BAHAN (Resep Soto Daging)

5 helai daun jeruk

500 gram daging sandung lamur sapi

150ml santan kelapa kental

1g (kira-kira seruas ibu jari) lengkuas, memarkan

4 buah serai, memarkan

3 helai daun salam

- S eledri secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

(BACA JUGA:3 Agenda Agresi Militer Belanda II, Berikut Kronologi Serangan terhadap Kedaulatan Pemerintah Indonesia)

- D aun bawang secukupnya

1 buah tomat sedang

700 mililiter air

3 siung bawang putih

6 buah bawang merah

3 buah kemiri

1 cm kunyit

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

1 cm jahe

LANGKAH-LANGKAH

1. Panaskan  air rebusan daging (1.500 ml) untuk kuah kaldu soto.

2.  Rebus daging hingga setengah lunak, potong-potong sesuai selera, sisihkan.

3.  Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas hingga harum dan matang lalu masukkan potongan daging.

4.  Siapkan bumbu halus. Sangrai kemiri terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Pilih bawang merah ukuran sedang.

(BACA JUGA:5 Fakta Pertempuran Medan Area yang Jarang Diketahui, Simak Penjelasannya di Sini)

5.  Tumis hingga bumbu soto daging meresap dalam daging dan matang, masukkan ke dalam kaldu dan tambahkan Royco Penyedap Serbaguna Rasa Sapi.

6.  Masak dengan api kecil. Masukkan santan dan terus aduk perlahan.

7.  Sesaat sebelum masak, masukkan seledri dan daun bawang yang dipotong kecil-kecil. Masukkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil.

8.  Angkat setelah dirasa cukup matang dan daging terasa empuk.

9.  Sajikan dengan pelengkap.

JI

`

Jika Kamu Sedang Mencari Artikel Yang Berjudul 9 Langkah Resep Soto Daging Spesial Cita Rasa Khas Rumahan Anti Ribet Beserta Penjelasan Sejarahnya di Sini!, Maka Anda berada Halaman Yang Tepat, Kami Menyajikan Kumpulan Berbagai Resep Masakan Nusantara Indonesia, Baik Lokal Maupun Mancanegara.Untuk Itu Jangan Lupa Untuk Selalu Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat.
Blog : Resep Bumbu Enak
Sumber : https://www.jurnalisindonesia.id/read/96669/Resep-Soto-Daging

powered by Blogger News 2022
close