Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Lemper Isi Kelapa Bumbu Serundeng Manis

Cara membuat lemper isi kelapa bisa dicoba sendiri dengan bahan sederhana dan mudah didapatkan. Isian serundeng kelapa muda tidak kalah dengan abon atau cincangan daging ayam. Rasa kelapa yang manis gurih dirasa lebih menyatu dengan santan yang ditambahkan ketika menanak beras ketan.

Jajanan tradisional ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai makanan kecil penganjal perut yang cukup mengenyangkan. Sering kali disajikan pada acara tradisional seperti selamatan, syukuran. Lemper terbuat dari beras ketan yang diberi isian daging kemudian dibungkus dengan daun pisang.


  • http://nccjajantradisionalindonesia.blogspot.sg/2013/04/lemper-isi-serundeng.html

Cara Membuat Lemper Isi Kelapa

Bahan utama yang digunakan adalah beras ketan yang dikukus hingga empuk. Untuk memberikan rasa yang lebih gurih bisa dicampur dengan santan kental. Tips memasak ketan cek di artikel sebelumnya 2 Cara Memasak Ketan Biar Cepat Empuk.

Isian serundeng dibuat dari kelapa muda parut yang dibumbui gula merah dan rempah. Lemper jenis ini terasa lebih manis sehingga lebih disukai anak-anak. Selain itu juga lebih nyaman di kantong (baca: lebih hemat).
Cara Membuat Lemper Isi Kelapa Bumbu Serundeng Manis.jpg
© fb.com/aji.fadlin
Bahan Lemper Serundeng Kelapa:
  • Beras ketan 250 gram
  • Santan kental 300 ml
  • Garam secukupnya
  • Daun salam 2 lembar
  • Isian:
    • Kelapa muda diparut ½ butir
    • Gula merah 200 gram, disisir
    • Bawang putih 4 siung
    • Bawang merah 6 siung 
    • Serai 2 batang, digeprek
    • Lengkuas 1 ruas, digeprek
    • Garam 1 sdt
  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi/ Stapler untuk mengunci daun pisang
Resep Lemper Isi Serundeng:
Didihkan santan sebentar lalu masukkan beras ketan yang telah dicuci, daun salam dan sedikit garam. Panaskan terus sampai santan kering (kalau kata orang jawa "aron"). Selanjutnya tinggal dikukus hingga empuk. Dinginkan.

Selanjutnya siapkan isian serundeng, haluskan bawang merah, bawang putih dan garam. Campurkan bumbu dengan kelapa parut, terakhir tambahkan gula merah. Aduk hingga rata. Tes rasa, setelah pas tinggal disangrai hingga kering.

Kedua bahan telah matang, tinggal penyelesaian saja. Ambil sesendok ketan lalu pipihkan, masukkan sekitar ½ sendok serundeng lalu bungkus dengan ketan. Bulatkan ketan dengan bentuk sedikit lonjong.

Ambil daun pisang kecil lalu lingkarkan pada ketan selanjutnya gunakan daun pisang yang lebih besar untuk menutup ketan lalu kunci kedua ujungnya dengan lidi/ stapler. Lanjutkan hingga semua ketan dan isian habis. Kita sengaja memakai 2 lapis daun agar lemper tidak mudah penyet.

Terakhir tinggal dikukus sebentar atau bisa juga dibakar di atas grill. Tidak perlu waktu lama karena ketan dan isian sama-sama sudah matang. Pemanasan ini dilakukan agar aroma dan rasa semua bahan lebih menyatu. Angkat ketika daun pisang berubah warna.


Cara membuat lemper isi kelapa muda telah selesai. Perpaduan gurih dan manis ini paling enak dimakan ketika bersantai bersama keluarga dan kerabat. Sayangnya sebagai jenis kue basah, lemper tidak tahan lama. Kalaupun dimasukkan ke dalam kulkas hasilnya ketan jadi keras tidak legit lagi. Oleh karena itu segera makan selagi masih baik.

Di solo terdapat jajanan mirip dengan lemper hanya saja pembungkusnya adalah telur dadar. Unik sekali kan? dimana bungkus juga bisa dimakan. Namanya adalah Semar Mendem, untuk cara membuatnya bisa cek di Resep Kue Semar Mendem Solo Siram Santan Manis Enak.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Lemper Isi Kelapa Bumbu Serundeng Manis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
close