Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Jemblem Singkong Parut Goreng Isi Gula Merah

Resep jemblem berbahan utama singkong/ ketela pohon yang diparut lembut dan kadang dicampur dengan kelapa parut. Adonan kemudian dibentuk bulat lonjong sebenar telur ayam yang diberi isian gula merah. Terakhir digoreng hingga kecoklatan.

Gorengan jemblem terkenal memiliki tekstur luar yang gurih namun bagian dalam masih lembut. Makin mantap dengan adanya kejutan rasa manis di bagian dalam. Bentuknya yang bulat juga terbukti memberikan sensasi unik ditiap gigitan.


  • http://www.lestariweb.com/Indonesia/Jemblem.php

Resep Jemblem Singkong Parut Goreng

Bahan untuk membuat jemblem sangat sederhana yaitu singkong, garam dan gula merah. Untuk menambah rasa gurih bisa ditambahkan kelapa parut, gunakan yang masih muda. Kalau untuk dijual sebaiknya tanpa kelapa, untuk menghemat biaya produksi tentunya.

Singkong sendiri kadang memiliki kandungan air yang cukup banyak, apalagi jika dipanen di musim hujan. Jika terlalu berair, setelah diparut dapat diperas menggunakan kain tipis. Tujuannya agar nanti lebih mudah dibentuk.
Resep Jemblem Singkong Parut Goreng Isi Gula Merah
© fb.com/nuraisyah.ali.98
Bahan:
  • Singkong 500 gram
  • Kelapa muda 100 gram
  • Gula merah 150 gram, disisir halus
  • Garam 1 sdt
  • Minyak goreng secukupnya 
Baca juga: Resep Sawut Singkong Rasa Original dengan Taburan Kelapa

    Cara Membuat Jemblem Singkong:
    Kupas singkong lalu cuci dengan air hingga bersih, parut hingga lembut. Peras memakai kain supaya lebih kering. Parut juga kelapa muda.

    Campurkan singkong parut, kelapa parut dan garam, uleni hingga semua tercampur rata.

    Ambil sekitar 2 sdm penuh adonan singkong, pipihkan dan taruh gula merah tepat di tengahnya. Tutup adonan lalu bentuk menjadi bulat lonjong atau sesuai selera. Ulangi hingga semua habis.
    Lebih baik menggunakan gula merah karena mudah meleleh ketika digoreng. Jangan gula aren yang lebih keras dan dapat mengumpal kalau dingin
    Panaskan minyak yang cukup banyak, tinggal goreng jemblem singkong hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan, biasanya kandungan minyak di jemblem ini cukup banyak.

    Resep jemblem singkong parut telah selesai, sajikan selagi hangat agar lebih mantap. Paling enak dimakan selagi bersantai dengan keluarga dan sahabat. Jangan lupa sediakan teh hangat sebagai penawar rasa "seret" dari singkong.


    Langkah yang paling melelahkan dari resep ini adalah memarut singkong. Beberapa ibu lebih memilih membuat jemblem dengan cara dikukus. Caranya singkong dikukus hingga empuk lalu ditumbuk lembut, tinggal dibentuk bulat dan diberi isian lalu digoreng.

    Baca juga: Cara Membuat Gatot dari Gaplek Singkong Gunungkidul

    Jemblem adalah salah satu gorengan murah meriah. Walaupun dijual dengan harga miring tapi terbukti dapat menganjar perut yang lapar. Makan 2 sampai 3 buah jemblem pasti perut sudah penuh. Sayangnya kalau beli di warung sekarang ukurannya kecil, tidak seperti dulu.

    Di daerah Jawa Barat, gorengan jemblem lebih dikenal dengan nama "misro" yang kependekan dari "amis di jero" yang artinya manis di dalam. Masih saudara dekat dengan combro yang juga berbahan singkong parut namun berisi oncom.

    Sekian artikel tentang Resep Jemblem Singkong Parut Goreng Isi Gula Merah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
    close