Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sawut Singkong Rasa Original dengan Taburan Kelapa

Resep sawut singkong bisa menjadi salah satu pilihan makanan tradisional yang cukup mengenyangkan. Cara membuatnya sangat mudah dimana singkong (ketela pohon) diparut kasar lalu dikukus dan ditaburi parutan kelapa. Penyajiannya mirip dengan jajanan pasar khas jawa lainnya seperti tiwul, gethuk, gatot dll.

Sekarang cukup sulit mendapatkan sawut singkong, hanya ada beberapa pedagang yang masih menjajakannya. Kalau anda kangen jajan tempo doeloe ini bisa mampir ke pasar tradisional seperti pasar Gede Solo atau pasar Beringharjo Jogja. Bisa juga membuat sendiri toh resepnya mudah dan murah.


  • https://www.facebook.com/BisnisBuatBunda.Net/photos/a.1739912226256136.1073741840.1531114613802566/1739918326255526/?type=3

Resep Sawut Singkong Original

Yang rasa original bahannya cukup singkong dan gula jawa, bisa juga gula pasir. Taburannya pun sederhana hanya kelapa parut yang diberi sedikit garam, kelapa yang dipakai tidak terlalu muda ataupun terlalu tua. Rasanya unik kombinasi manis gurih, teksturnya pun lembut sekali.
Resep Sawut Singkong Rasa Original dengan Taburan Kelapa
© twitter.com/destiesoebandi
Bahan:
  • Singkong 1 kg
  • Gula merah 125 gram
  • Gula pasir 2 sdm
  • Garam ½ sdt
  • Vanili
  • Kelapa parut dikukus dengan sedikit garam untuk taburan
  • Daun pandan 
Baca juga: Resep Brambang Asem Solo dengan Daun Ubi Jalar

Cara Membuat Sawut Singkong:
Kupas singkong lalu rendam sebentar (15 menit) dalam air untuk menghilangkan getah yang menempel. Setelah itu parut singkong dengan parutan berlubang ukuran sedang.

Campurkan singkong parut dengan gula merah yang telah disisir halus, gula pasir, garam dan vanili. Masukkan semuanya ke dalam panci kukusan yang telah dipanasnya sebelumnya. Tambahkan daun pandan agar lebih beraroma. Kukus selama kurang lebih 30 menit sampai matang.


Resep sawut singkong original hampir selesai, tinggal penyajian saja. Tata sawut dalam tempat saji lalu taburkan kelapa parut yang telah dikukus. Biasanya para pedagang menyajikan singkong parut dalam "sudi" yang terbuat dari daun pisang. Selain memberikan kesan tradisional, daun pisang juga memberikan aroma khas.

Dewasa ini sawut singkong banyak dimodifikasi agar menarik lebih banyak pembeli. Perubahan mulai dari segi rasa, warna, bentuk dan taburan yang ditambahkan. Salah satu yang cukup populer adalah sawut singkong pelangi dengan beberapa warna. Ada pula sawut yang dibuat dari kombinasi dua rasa seperti coklat keju.

Baca juga: Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong Resep Sedap
resep sawut singkong pelangi dua rasa coklat keju
© twitter.com/citralolaica & DantiMaharanti
Kalau dulu sawut hanya disajikan dalam daun pisang namun sekarang lebih bervariasi. Contoh saja singkong parut yang ditata dalam cetakan bunga mawar/ tumpeng kecil. Ada juga sawut yang dibuat dalam beberapa lapis, tiap lapisan punya warna dan rasa yang berbeda.

Sekian artikel tentang Resep Sawut Singkong Rasa Original dengan Taburan Kelapa. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
close