Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Berbahan Wortel Dan Tempe


Resep Oseng Kacang Panjang, Wortel, dan Tempe oleh DAF Cookpad
Resep Oseng Kacang Panjang, Wortel, dan Tempe oleh DAF Cookpad from cookpad.com

Masakan Sehat dan Lezat untuk Keluarga

Kenapa Harus Memasak dengan Bahan Wortel dan Tempe?

Sebagai orang yang ingin menjaga kesehatan keluarga, kita harus memperhatikan kebutuhan akan gizi yang diperlukan tubuh. Wortel dan tempe adalah bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan cocok untuk dijadikan bahan masakan sehari-hari. Wortel mengandung vitamin A, C, dan K, sedangkan tempe mengandung protein nabati dan serat yang tinggi. Dengan mengombinasikan kedua bahan ini, kita bisa membuat makanan sehat dan lezat yang disukai keluarga.

Resep Pertama: Tumis Wortel dan Tempe

Bahan yang dibutuhkan: - 2 buah wortel, potong dadu - 200 gram tempe, potong dadu - 3 siung bawang putih, cincang halus - 1 buah bawang bombay, iris tipis - 2 buah cabai merah, iris serong - 1 sendok makan kecap manis - 1 sendok teh garam - 1/2 sendok teh merica bubuk - Minyak goreng secukupnya Cara membuat: 1. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. 2. Masukkan wortel dan tempe, aduk rata. 3. Tambahkan cabai merah, kecap manis, garam, dan merica bubuk, aduk rata. 4. Masak hingga wortel dan tempe matang sempurna. 5. Sajikan dengan nasi putih hangat.

Resep Kedua: Salad Wortel dan Tempe

Bahan yang dibutuhkan: - 2 buah wortel, parut kasar - 100 gram tempe, potong dadu - 1 ikat selada air, petik daunnya - 1/2 buah nanas, potong dadu kecil - 1 buah tomat, potong dadu kecil - 1 buah mentimun, potong dadu kecil - 2 sendok makan mayones - 1 sendok makan air jeruk nipis - 1/2 sendok teh garam - 1/4 sendok teh merica bubuk Cara membuat: 1. Campurkan wortel, tempe, selada air, nanas, tomat, dan mentimun dalam mangkuk, aduk rata. 2. Tambahkan mayones, air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk, aduk rata. 3. Sajikan dalam piring saji.

Resep Ketiga: Sup Wortel dan Tempe

Bahan yang dibutuhkan: - 2 buah wortel, potong dadu - 200 gram tempe, potong dadu - 1 buah bawang bombay, cincang halus - 3 siung bawang putih, cincang halus - 1 liter air kaldu ayam - 1 sendok makan minyak goreng - 1 sendok teh garam - 1/4 sendok teh merica bubuk - 1 batang daun bawang, iris halus Cara membuat: 1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. 2. Masukkan wortel dan tempe, aduk rata. 3. Tambahkan air kaldu ayam, garam, dan merica bubuk, aduk rata. 4. Masak hingga wortel dan tempe matang sempurna. 5. Tambahkan daun bawang, aduk rata. 6. Sajikan dalam mangkuk saji.

Kesimpulan

Dari tiga resep di atas, kita dapat mengolah wortel dan tempe menjadi makanan sehat dan lezat. Kita bisa memasak tumis wortel dan tempe, salad wortel dan tempe, atau sup wortel dan tempe. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, kita dapat menjaga kesehatan keluarga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selamat mencoba!

close