Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Klemben Empuk Khas Banyuwangi yang Enak

Resep kue klemben empuk konon berasal dari kota yang berada di ujung timur pulau Jawa yaitu Banyuwangi. Kue satu ini memiliki tekstur empuk mirip bolu dengan rasa manis di setiap gigitannya.
Banyak yang menyebutnya sebagai bolu jadul, jajanan ini memang sudah terkenal sejak tempo doeloe.

Sampai saat ini kita masih bisa mendapatkan kue klemben di pasar tradisional terutama di kota Banyuwangi. Di daerah lain banyak kue yang mirip sebut saja kue kijing, bolu bahulu, bolu cermai dan sebagainya. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun rasanya benar-benar mantap.


  • http://bakeandheat.blogspot.sg/2015/01/bolu-jadul-bahulu-cake-bolu-kering-by.html

Resep Kue Klemben Empuk

Sama halnya dengan kebanyakan makanan jadul lainnya, bahan kue klemben itu sangatlah sederhana. Hanya memakai bahan umum untuk adonan kue seperti tepung terigu dan telur ayam. Biar lebih berasa dan beraroma bisa ditambahkan gula pasir, garam dan vanilla essense.

Lebih baik lagi jika menggunakan tepung protein berprotein rendah agar hasilnya lebih empuk. Kalau tidak ada cukup pakai yang sedang saja (yang di warung-warung). Kebanyakan resep menggunakan perbandingan gula dan tepung itu 1 : 1 tapi ini bisa disesuaikan selera pembuatnya.

Bentuk kue klemben itu beraneka macam ada yang bentuk bunga, keong, ikan, mangkok dsb. Dari semua bentuk yang paling sering ditemui adalah bentuk oval mirip telur. Untuk bentuk sendiri sesuaikan dengan selera dan cetakan yang anda miliki, kalau tidak ada cukup dicetak dengan loyang.
Resep Kue Klemben Empuk Khas Banyuwangi yang Enak
© fb.com/lrinie
Bahan Klemben Khas Banyuwangi:
  • Telur 2 butir besar kurleb 100 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam ½ sdt
  • Vanily ½ sdt
  • Minyak / mentega secukupnya untuk mengolesi cetakan 
Baca juga: Resep Kue Cubit ala Abang Abang Setengah Matang Enak
    Cara Membuat Kue Klemben Empuk:
    Preheat oven anda lalu masukkan loyang/ cetakan, tujuannya agar nanti adonan kue langsung dipanaskan dengan suhu tinggi yang tetap.

    Kocok telur dengan mixer atau dikocok manual hingga mengembang kaku. Tambahkan gula pasir lalu kocok lagi hingga larut dalam adonan. Disarankan untuk memasukkan gula dalam tiga tahap agar benar-benar larut.

    Masukkan tepung terigu, garam dan vanilly ke dalam dalam adonan telur. Lebih baik dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya lebih mudah mencampurnya.

    Keluarkan loyang/ cetakan dari oven lalu beri olesan minyak agar tidak lengket. Tuangkan adonan kue ke dalam cetakan lalu panggang hingga berubah warna coklat keemasan.


    Resep kue klemben empuk telah selesai, tinggal disajikan. Bolu jadul ini memiliki ciri khas rasa manis yang cocok sekali dinikmati sambil minum teh manis. Nikmati selagi hangat biar sedap maksimal.

    Tidak perlu buru buru menghabiskan semua roti klemben anda karena setelah dipanggang maka kadar airnya berurang dan lebih awet. Kalau ingin yang lebih garing, proses pemanggangan dilakukan lebih lama dengan suhu yang lebih rendah.

    Baca juga: Resep Kue Cumcum Isi Fla si Kue Cream Horn yang Enak

    Oh ya resep di atas adalah resep kue klemben kering, selain itu ada versi kue basah yang dibuat dengan cara dikukus. Versi kering memang lebih digemari karena lebih tahan lama sehingga lebih cocok untuk dijadikan oleh-oleh wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

    Sekian artikel tentang Resep Kue Klemben Empuk Khas Banyuwangi yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
    close