Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Widaran Keju dari Tepung Kanji Paling Enak

Resep kue widaran dibuat dari tepung kanji yang dicampurkan dengan mentega cair dan telur. Hasil akhirnya adalah kue kering dengan tekstur yang empuk dan lembut mirip kue telur gabus. Bedanya kue widaran ini biasanya lebih ke rasa gurih asin bukan manis.

Kue widaran bisa didapatkan dengan mudah terutama ketika ada hari besar seperti Idul Fitri dan Natal. Sering pula disajikan pada acara keluarga seperti selamatan ataupun pernikahan. Konon kue ini asli berasal dari Indonesia meskipun tidak ada yang tahu dimana tepatnya.


  • https://www.facebook.com/lhilylay.lovenly/posts/634897909943548?match=cmVzZXAga3VlIHdpZGFyYW4%3D

Resep Kue Widaran

Bahan utamanya adalah tepung yang bertekstur kasar seperti tepung kanji/ tapioka/ aci dan tepung sagu. Selanjutnya tinggal dicampurkan dengan telur dan bahan lain yang berasa asin seperti mentega, keju dan garam.

Cara membuat kue widaran keju sangatlah mudah, kecil kemungkinannya gagal karena resep yang sangat simpel. Satu proses yang perlu diperhatikan adalah saat menguleni hingga benar-benar tercampur rata.
Resep Kue Widaran Keju dari Tepung Kanji Paling Enak
© fb.com/100007303811937
Bahan Kue Widaran Asin:
  • Tepung kanji 250 gram
  • Mentega 50 gram
  • Keju 100 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam 1/2 sdt
  • Minyak goreng 
Baca juga: Resep Kue Akar Kelapa yang Renyah dengan Biji Wijen
    Cara Membuat Kue Widaran dari Tepung Kanji:
    Pertama keju diparut kasar lalu campurkan dengan telur, mentega dan garam. Kocok hingga semua tercampur rata. Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil dicampur dengan tangan hingga adonan kalis.

    Kalau semua bahan sudah masuk tapi masih belum bisa dibentuk maka harus ditambahkan sedikit air lagi.

    Siapkan wajan berisi minyak (belum dipanaskan di atas kompor ya). Ambil sedikit adonan lalu plintir dengan menggunakan kedua telapak tangan hingga membentuk adonan memanjang yang kedua ujungnya runcing. Setelah terbentuk masukkan saja ke dalam minyak. Lanjutkan hingga semua adonan selesai dibentuk.

    Banyak yang menyebut masakan ini kue bolot (daki) karena bentuknya mirip daki yang didapatkan ketika kita mengosokkan kedua telapak tangan. Supaya kue tidak tercampur daki sebaiknya terlebih dahulu mencuci telapak tangan hingga bersih atau cukup memakai sarung tangan plastik.

    Setelah wajan terisi penuh kue widaran mentah, nyalakan kompor dengan api besar hingga kue mulai mengembang dan mengapung. Kecilkan api hingga yang paling kecil lalu goreng hingga terlihat kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.


    Di awal jangan terlalu sering diaduk karena bentuknya yang tipis membuat kue ini mudah hancur. Bolehlah diaduk ketika sudah mulai mengembang dimana kue mulai kaku, pengadukan dilakukan agar kematangan lebih merata.

    Resep kue widara dari tepung kanji telah selesai. Pastikan uap minyak panas telah hilang sebelum dimasukkan ke dalam toples. Dengan penyimpanan yang baik, kue kering ini bisa bertahan sekitar sebulan.

    Walaupun cukup tahan tapi dalam seminggu pasti kue sudah ludes. Kue widaran sangat digemari anak-anak berkat rasa keju yang kuat. Orang tua juga tidak perlu khawatir karena 100% dibuat dari bahan yang aman bagi kesehatan.

    Baca juga: Resep Lekker Holland si Butter Cake dari Negeri Belanda

    Sekian artikel tentang Resep Kue Widaran Keju dari Tepung Kanji Paling Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
    close