Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Kering Semangka yang Unik Mirip Buah Asli

Resep kue kering semangka bisa menjadi pilihan camilan yang unik. Walaupun cara membuat dan rasanya tidak jauh beda dengan kue kering lainnya namun tampilannya yang cantik mempunyai daya tarik tersendiri. Tidak heran jika setoples kue semangka bisa ludes dalam sekejap.

Kue kering yang sering disebut dengan nama watermelon cookies ini biasanya memiliki 3 lapisan, dimana lapisan paling bawah berwarna hijau yang mengambarkan luar kulit lalu lapisan tanpa warna yang merupakan kulit daging dan lapisan terakhir berwarna merah yang merupakan daging buah. Tak lupa ada tempelan beberapa chocochip yang menjadi biji semangka.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1141210995978243/?match=a3VlIGtlcmluZyBzZW1hbmdrYSxzZW1hbmdrYSxrZXJpbmcsa3Vl

Resep Kue Kering Semangka

Bahan yang digunakan masih sama dengan kebanyakan kue namun kita butuh pewarna makanan setidaknya dua warna yaitu hijau dan merah ataupun hijau dan kuning.

Biji selain dari chocochips bisa dibuat dengan biji wijen atau meses. Gambar di bawah menujukkan kue semangka dengan dua variasi warna berbeda.
resep kue kering semangka
© fb by vettyaffettogenuino dan rievas1
Bahan:
  • Tepung segitiga biru 250 gram, ayak dulu
  • Gula halus 200 gram
  • Baking Powder 1/2 sdt
  • Telur 1 butir
  • Margarin 5 sdm
  • Vanili 1/2 sdt
  • Garam secukupnya
  • Chocochips secukupnya
  • Pewarna makanan, setidaknya hijau dan merah
Baca juga: Resep Kue Kering Cornflakes Keju dan Coklat Terbaru

Cara Membuat Kue Semangka:
Pertama-tama gunakan mixer untuk mengocok margarin dan gula halus sampai tercampur lembut. Tambahkan telur lalu kocok lagi. Tuangkan baking powder, vanili dan garam bersama tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai kalis.

Satu hal yang perlu diingat adalah daging semangka memiliki bagian paling banyak. Sebaiknya bagi adonan menjadi 4 bagian, 2 untuk daging diwarnai merah/kuning, 1 untuk kulit diberi hijau dan 1 dibiarkan tanpa pewarna.

Bentuk adonan daging buah membentuk bulat lonjong mirip lontong. Sedangkan bagian hijau dan tanpa warna juga dibentuk memanjang namun selanjutnya sedikit digilas (jangan terlalu tipis).

Kalau adonan sedikit lembek bisa dibungkus dengan plastik lalu dimasukkan dalam freezer sebentar. Setelah terlihat kaku, kita taruh lapisan tanpa warna di atas yang hijau lalu taruh lontong merah. Tinggal gulung, bungkus dan masukkan ke dalam kulkas sekali lagi.

Ketika sudah sedikit keras, ambil adonan dan potong sekitar 0.5 cm-an lalu bagi menjadi dua agar terlihat mirip potongan buah semangka asli. Tata di atas loyang yang sebelumnya telah diberi olesan mentega. Jangan lupa diberi tempelan biji berupa chocochips pada bagian daging buah.

Panaskan oven lalu panggang semua kue sampai matang, dibutuhkan sekitar 15 menit dengan suhu 150 derajat Celcius. Selanjutnya tinggal angkat, dinginkan dan masukkan ke dalam toples.


Resep kue kering semangka telah selesai, pastinya sangat mudah dipraktekan. Kegagalan yang sering terjadi adalah kombinasi warna yang jelek. Hal ini bisa terjadi karena masing-masing lapisan masih terlalu lembek saat digulung bersama.

Jangan ragu menyajikan kue semangka ke anak-anak anda. Mudah-mudahan dengan kue unik ini, mereka lebih tertarik mengkonsumsi buah-buahan. Oh ya menu kue mirip buah yang bisa dicoba di rumah adalah kue rambutan, lengkapnya baca di Resep Cara Membuat Kue Kering Rambutan Meses Coklat

Sekian artikel tentang Resep Kue Kering Semangka yang Unik Mirip Buah Asli. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
close