Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Satu Kacang Hijau yang Gurih dan Lembut

Resep kue satu bisa menghasilkan kue kering berwarna putih yang memiliki tekstur keras, saat digigit pasti kriuk namun setelah dikunyah sedikit saja maka si kue akan langsung lumer di mulut. Rasanya yang manis gurih membuat kita mau nambah lagi dan lagi.

Beberapa daerah menyebutnya dengan nama "Kue Koyah". Kita bisa membuat kue ini dengan bahan utama kacang hijau yang hasilnya disebut dengan "Kue Putu Kacang", bisa juga dari beras ketan yang dinamai "Kue Putu Ketan". Masih ada julukan lain yaitu kue satru, kue tempani dan mungkin masih ada lagi.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1025514994214511/

Resep Kue Satu Kacang Hijau

Cara membuat kue satu sangatlah mudah kita hanya perlu menghaluskan kacang hijau/ beras ketan yang telah disangrai kemudian diberi gula dan terakhir dicetak. Bahkan untuk mendapatkan tekstur kering itu kita tidak butuh oven, bisa langsung dijemur di bawah sinar matahari.
Resep Kue Satu Kacang Hijau
© fb.com/rasnah.yudhi
Bahan Putu Kacang:
  • Kacang hijau 250 gram
  • Gula halus 200 gram (bisa juga gula pasir yang ditumbuk sampai lembut)
  • Air matang secukupnya
Kebanyakan resep menganjurkan perbandingan kacang hijau dan gula itu 1:1 tapi buat yang tidak suka terlalu manis bisa mengurangi takarannya. Alternatif lain boleh menggunakan gula merah.

Baca juga: Resep Satru Asem si Permen Sitrun yang Nyess di Mulut

Cara Membuat Kue Satu:
Pertama-tama kita sangrai kacang hijau (goreng tanpa minyak) sampai kulitnya terlihat mulai mengelupas. Selanjutnya bersihkan, pisahkan biji dari kulit supaya lebih mudah taruh di tampah.

Setelah bersih kita harus menghaluskan kacang hijau, bisa dengan blender ataupun ditumbuk manual. Agar hasil kue lebih lembut selanjutnya tepung harus diayak. Campurkan tepung kacang hijau, gula halus lalu tuangkan air sedikit dan aduk-aduk sampai pulen. Ambil cetakan lalu padatkan adonan.

Untuk mengeringkan kue putu kacang, semua kue dijemur di bawah sinar matahari (kurleb butuh sehari) atau cukup diangin-anginkan. Setelah kering terlihat dari tekstur yang mulai mengeras, segera masukkan ke dalam toples.

Resep kue satu kacang hijau telah selesai, paling enak disajikan bersama dengan teh saat berkumpul bersama seluruh keluarga. Salah satu kue kering tanpa oven ini sudah ada sejak dulu dan masih bisa ditemui sampai saat ini terutama saat lebaran.


Hasilnya boleh dibilang mirip dengan kue putu namun teksturnya jauh lebih kering. Kue ini dibuat dari dari serbuk kacang hijau yang mirip koyah. Dari situ kita sudah tau dari mana penamaan kue putu kacang dan kue koyah. Tapi darimanakah julukan kue satu?

Baca juga: Resep Es ABCD Upin Upin atau Ais Kacang dari Malaysia

Ohya, tau ga sih kalau kue kering ini pernah muncul di seri kartun "Upin Ipin" ? Di salah episode, Opa mengajak kedua cucunya membantu membuat kue, mereka menyebutnya dengan putu kacang.
Karena terbuat dari tepung kacang hijau maka jangan heran kalau harga setoples kue satu cukup mahal. Buat bunda yang kreatif, peluang ini bisa dijadikan lahan bisnis saat menjelang hari besar seperti lebaran, natal ataupun imlek.

Sekian artikel tentang Resep Kue Satu Kacang Hijau yang Gurih dan Lembut. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
close