Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Kering Selai Kacang Skippy yang Renyah dan Enak

Resep kue skippy atau yang lebih terkenal dengan nama kue kacang itu simpel, tak perlu trik ribet untuk membuatnya. Cukup campur kacang halus dengan tepung lalu dibentuk dan dipanggang dalam oven sampai matang.

Salah satu jenis kue kering ini sangat digemari berkat perpaduan rasa gurih, renyah dan manis yang pas di lidah, pasti nambah lagi dan lagi sampai habis setoples. Yang khas adalah aroma dan rasa kacang tanah yang telah dihaluskan.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1006039232828754/?match=a3VlIGtlcmluZyBzZWxhaSBrYWNhbmcsc2tpcHB5LGtlcmluZyxrYWNhbmcsc2VsYWksa3Vl

Resep Kue Skippy Kacang

Kacang tanah yang digunakan sebagai bahan utama kue kering kacang skippy harus disangrai terlebih dahulu (goreng tanpa minyak). Sebaiknya membeli kacang tanah yang sudah tanpa kulit ari untuk mempersingkat proses.

Kalau mau rasa yang lebih mantap bisa menganti kacang tanah dengan kacang mete. Tapi secara harga keduanya cukup jauh. Terserah mau yang mana!
Resep Kue Kering Selai Kacang Skippy yang Renyah dan Enak
© fb.com/MutiaraBundaFiza
Bahan Kue Kering Skippy:
  • Kacang tanah tanpa kulit ari 200 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Susu bubuk 10 gram 
  • Garam 1 sdt
  • Margarin 1 sdm
  • Tepung terigu 150 gram
  • Minyak goreng 150 ml
  • Kuning telur dari 1 butir
  • Susu kental manis 1 sdm
Baca juga: Resep Cara Membuat Kue Kering Rambutan Meses Coklat

Cara Membuat Kue Kering Selai Kacang Skippy:
Blender kacang yang telah disangrai kering bersama dengan gula pasir sampai tercipta tepung kacang manis. Masukkan dalam baskom lalu dicampur dengan garam, susu bubuk dan margarin

Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan kering tercampur rata. Tuangkan minyak goreng sambil diuleni sampai mendapatkan adonan yang siap untuk dibentuk. Bulatkan adonan lalu pipihkan dengan cara mengilas dan tinggal cetak sesuai selera.

Taruh adonan yang telah dicetak di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin. Terakhir beri olesan kuning telur dan SKM di atas kue sebelum masuk oven. Masukkan loyang yang telah berisi kue lalu panggang dengan suhu sekitar 160 derajat Celsius sampai matang (15-20 menitan).

Setelah berubah warna dan teksturnya kering, angkat dari oven dan biarkan suhu menjadi dingin. Resep kue skippy kacang telah selesai, tinggal dimasukkan dalam toples kedap udara agar tahan lama.


Untuk menambah cita rasa anda bisa memberikan taburan seperti chocochips ataupun keju parut. Kue skippy bisa dibilang sebagai salah satu kue kering yang cukup populer saat musim lebaran.

Nama skippy sendiri sebenarnya adalah merk dagang sebuah selai kacang, jadi kacang tanah dalam resep di atas seharusnya memakai si selai ini. Namun karena selai cukup jarang ditemui, lebih baik mengunakan kacang tanah yang lebih umum di pasaran.

Sering kali kue kacang cepat sekali ditumbuhi jamur, hal ini dikarenakan proses pengovenan yang kurang baik, belum benar-benar matang. Tips agar kue yang dihasilkan lebih renyah dan tahan lama:
  • Sebaiknya panaskan oven sekitar 10 menit sebelum loyang berisi kue dipanggang. 
  • Kue matang harus didinginkan sampai uap panas menghilang sebelum dikemas dalam toples.
Bac juga: Resep Kue Keciput si Onde Onde Kering Renyah dan Enak

Sekian artikel tentang Cara Membuat Kue Kering Selai Kacang Skippy yang Renyah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
close