Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kacang Sembunyi Pedas Manis Tanpa Kulit Pangsit

Resep kue kacang sembunyi ini menghasilkan keripik gurih terbuat dari adonan tepung yang dipipihkan lalu digulung dan di dalamnya diberi isian kacang tanah, selanjutnya digoreng dan disiram dengan gula caramel yang manis. Nama lainnya adalah kacang molen.

Kue kacang sembunyi sering sekali ditemui disajikan saat acara kumpul keluarga seperti lebaran. Semua orang pasti tahu dari mana nama "kacang sembunyi" ini! Yup, si kacang yang ada didalam gulungan tepung, seolah olah sembunyi dari mata penikmatnya. Saat digigit barulah terasa kejutan renyah khas kacang goreng.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/951196824979662/?match=c2VtYnVueWkscmVzZXAsa3Vl

Resep Kacang Sembunyi

Kebanyakan cara membuat kacang sembunyi mengolah sendiri gulungan dari adonan tepung, agak ribet sih tapi hasilnya bisa pas dihati. Buat yang ingin lebih praktis dan hasilnya rapi bisa memanfaatkan kulit pangsit, nanti tinggal potong lebih kecil.

Sedangkan untuk kacang tanah bisa digoreng dulu agar nantinya benar-benar renyah terutama unntuk yang memakai kulit pangsit (dimana biasanya tipis, proses mengoreng lebih cepat).
Resep Kacang Sembunyi Kulit Pangsit
© fb.com/lipin.lipin.5688
Bahan:
  • Tepung terigu 250 gram
  • Margarin 3 sdm (dilelehkan)
  • Air 150 ml
  • Kacang tanah untuk isian, secukupnya
  • Gula pasir secukupnya (sekitar 2 - 3 sdm)
  • Minyak goreng seperlunya
Baca juga: Resep Kacang Disco Makasar yang Pedas, Renyah dan Gurih

Cara Membuat Kacang Sembunyi:
Pertama-tama campurkan tepung terigu dan margari cair, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan kalis, tidak terlalu lengket sehingga bisa digulung.

Ambil gilingan mie atau bisa botol kaca bekas kecap, siapkan talenan yang diberi sedikit taburan tepung. Tinggal tipiskan adonan dan potong dalam bentuk persegi kecil-kecil.

Langkah di atas bisa dilewati kalau memakai kulit pangsit!

Ambil satu lembar kulit lalu taruh sebiji kacang tanah tepat di salah satu ujung, gulung sampai habis dan rekatkan dengan mengoleskan air. Ulangi langkah ini sampai semua kulit tepung habis.

Nyalakan kompor dengan api kecil lalu panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan gula pasir lalu aduk-aduk sampai gula berubah warna sedikit coklat, setelah itu masukkan kue kacang sembunyi yang sudah dibuat. Goreng sambil sesekali diaduk sampai kulit terlihat coklat emasan.

Angkat dan tiriskan, sesegera mungkin pisahkan kacang sembunyi yang saling melekat. Makin dingin makin lengket, susah dipisahkan. Resep kacang sembunyi telah selesai, masukkan ke toples agar lebih tahan lama.


Beberapa orang memberikan taburan bubuk cabe sehingga hasilnya terasa pedas manis, lebih enak tapi lebih cepat melempem. Kalau original cukup awet asal lapisan karamelnya benar-benar kering.

Mudah sekali kan membuatnya, yang butuh perhatian hanya saat membuat lapisan karamel. Sebaiknya kita memasukkan kacang sembunyi secepatnya setelah gula menjadi coklat, jangan menunggu gula mencair karena ditakutkan nanti kalau kelamaan goreng bisa gosong. Oh ya, kalau mau kulit yang lebih renyah bisa memberikan tambahan telur.

Baca juga: Cara Menggoreng Kacang Mete yang Renyah Tidak Pahit

Sekian artikel tentang Resep Kacang Sembunyi Pedas Manis Tanpa Kulit Pangsit. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!
close